PENINGKATAN KAPASITAS KARANG TARUNA DESA LABUAPI

  • Sep 12, 2022
  • Admin Desa Labuapi

Labuapi (09/09/2022) Bertempat di Aula Kantor Desa Labuapi telah dilaksanakan "Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa Labuapi" yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Labuapi. Pelatihan ini dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Labuapi beserta perangkat desa, Bapak-bapak Pendamping Desa (PD) Kecamatan Labuapi (sebagai Narasumber) dan Anggota Karang Taruna Desa Labuapi (sebagai peserta pelatihan).

Dalam pelatihan ini, Bapak Amanah selaku Kepala Desa Labuapi menyampaikan sambutan dan berharap dengan adanya Karang Taruna di Desa Labuapi dapat membantu pemerintah Desa untuk aktif bergerak di bidang sosial serta ikut mensukseskan pembangunan desa agar tercapainya kesejahteraan masyarakat seperti visi Bapak Kepala Desa Labuapi. Selain itu, Bapak Kepala Desa juga berharap supaya kedepannya Karang Taruna dan Pemerintah Desa bisa lebih bersinergi dan berkolaborasi dalam menjalankan program kerja.

Pada pelatihan ini ada 2 sesi penyampaian materi. Sesi pertama disampaikan oleh Bapak Abdurrahim Ismail yang membahas tentang Karang Taruna dalam Permensos No. 25 Tahun 2019. Beliau menyampaikan bahwa, remaja adalah aset negara yang memerlukan pengawalan dan kapasitas penunjang sehingga negara memberikan wadah yang disebut Karang Taruna. Karang taruna menjadi wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran sosial serta tanggung jawab sosial dari oleh dan untuk generasi muda yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial masyarakat. Cakupan kesejahteraan sosial bagi masyarakat yaitu terpenuhinya kebutuhan material, spiritual dan sosial warga negara agar dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri.

Sesi penyampaian materi kedua disampaikan oleh Bapak Zaenul Husni yang membahas tentang Pengkajian Keadaan Desa (PKD) mulai dari apa itu PKD, tujuan PKD, tahapan PKD serta bagaimana cara pelaksanaan PKD.

Sesi terakhir yaitu tanya jawab dan diskusi bersama anggota Karang Taruna Desa Labuapi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan baju persatuan untuk PS Labuapi Junior dari pemerintah Desa yang diterima langsung oleh Ketua Karang Taruna dan Ketua Bidang Olahraga Karang Taruna Desa Labuapi. (Nida)